Tips Merawat Rambut Bagi Yang Berkerudung.

Mitos tentang rusaknya rambut karena keramas tiap hari adalah tidak benar. Jaman dulu itu mungkin terjadi, karena saat itu masih banyak terdapat sampo yang mengandung bahan kimia yang keras. Saat ini produk sampo semakin baik dan lembut. Beberapa orang memilih produk sampo untuk bayi karena kelembutannya. Cara ini bisa dipakai, walaupun sebenarnya sampo untuk orang dewasa kini pun umumnya jenis sampo yang lembut dan tidak merusak rambut.

Gunakan sampo antiketombe untuk mencuci rambut yang kotor. Sampo ini berguna untuk mencegah berkembang biaknya jamur P-Ovale di kulit kepala. Kulit kepala dan rambut yang bersih membuat jamur tidak mampu bekerja aktif.
Jika kepala telanjur sudah ada ketombe gunakan hair tonic antiketombe. Selain berfungsi sebagai vitamin rambut, tonik rambut juga berfungsi sebagai obat ketombe. Kendati belum berketombe, tonik rambut dianjurkan dipakai setiap hari sesudah keramas. Hair tonic terdiri dari berbagai jenis sesuai dengan jenis rambut. Agar mendapatkan manfaat lebih yaitu lancarnya peredaran darah, lakukan pemijatan ringan saat menggunakan hair tonic.
Jangan pernah menggunakan kerudung dalam keadaan rambut basah. Jika kita terburu-buru pergi, keringkan dahulu dengan pengering rambut (hairdryer). Dikeringkan dengan cara diangin-anginkan akan lebih baik jika kita memang memiliki waktu yang lebih lama. Rambut basah di balik kerudung bisa menimbulkan bau yang tidak enak dan membuat kulit kepala bermasalah.
Gunakan bahan kerudung yang tidak terlalu rapat atau memiliki pori-pori. Pemilihan bahan yang tepat akan membantu sirkulasi udara kepala Anda. Selain itu bahan kerudung sebaiknya yang bisa menyerap keringat. Bahan yang tepat adalah terbuat dari katun. Sebelum memakai kerudung, gunakan ciput atau topi agar kain kerudung tidak langsung menempel di kening. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari tumbuhnya jerawat di kening.
Gantilah kerudung dan ciput setiap hari.
Bebaskan rambut dari kerudung jika Anda sudah sampai di rumah. Keringkan rambut yang basah akibat tertutup terus-terusan dengan cara diangin-anginkan. Buka ikatan rambut dan biarkan ia tergerai.
Gunakan produk perawatan rambut Oriflame. Ha,ha… tetteeeup… :) )
Jika ketombe atau kerontokan rambut sudah tak bisa ditoleransi, padahal sudah melakukan perawatan, pergilah ke dokter kulit. Dokter kulit akan menangani masalah kulit kepala dan rambut kita dengan cara mencari langsung sumber masalahnya.
Jika kita suka model kerudung modern, boleh saja kita mengkreasikan model kerudung hingga berlapis-lapis. Akan tapi jangan lebih dari 4 helai. Semakin tebal kerudung, makin sulit rambut kita bernafas.
Hindari menggunakan lapisan kerudung dengan terlalu sering dan kencang. Selain membuat rambut sulit bernafas, hal ini juga berpotensi untuk membuat kulit kepala lembab.
Jika hendak menggunakan kerudung, lebih baik rambut kita diurai atau jangan mengikatnya terlalu kencang. Untuk menghindari rambut yang digulung sebaiknya jangan biarkan rambut anda panjang melebihi 60 cm.
Hindari warna gelap untuk kerudung kita. Warna gelap mudah menyerap matahari. Jika aktivitas kita lebih banyak di bawah sinar matahari lebih baik pilih warna lembut atau putih.
Jangan terlalu sering mengikat kerudung anda di bagian leher. Hal ini akan membuat udara yang keluar masuk ke rambut akan semakin menipis. Kerudung sebaiknya dilepas hingga bagian tepinya menjuntai agar rambut muda bernafas.
Kunci utama agar tetap sehat dan cantik saat berkerudung adalah dengan menjaga kebersihan kulit kepala dan wajah. Kulit kepala dan rambut yang kotor bisa berpengaruh pada kulit wajah kita. Rambut kotor yang tergerai di kening, misalnya bisa memicu timbulnya jerawat.
Keramas setiap hari. Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut kita.
Sumber :
Pikiran Rakyat Online “Tips Sang Maestro”

About EkaHandoko

Saya adalah ibu rumah tangga biasa untuk keluarga kecil yang luar biasa dengan impian yang tidak biasa..

Posted on Februari 2, 2012, in Kecantikan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: